TNI Dringu Probolinggo Gelar Kegiatan Bela Negara Untuk Pelajar

Redaksi
Rabu, 07 Agustus 2024 | 07:18 WIB Last Updated 2024-08-07T00:18:42Z

Koramil Dringu Melaksanakan Kegiatan Bela Negara Dengan Peserta Para Pelajar.(Yuliono/JBNIndonesia.com)

JBNIndonesia.com, PROBOLINGGO- 
Kodim 0820/Probolinggo melalui Koramil jajaran melaksanakan kegiatan bela negara dengan peserta para pelajar dari lembaga menengah pertama di wilayah Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Rabu (7/8).


Anggota Koramil 0820/22 Dringu, Serka Agus M menyampaikan, bela negara sebagai kewajiban dasar bagi setiap warga negara yang penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban kepada negara dan bangsa.


"Para pelajar merupakan bagian dari warga negara yang memiliki kewajiban untuk melakukan pembelaan negara yang disesuaikan dengan perannya sebagai agen perubahan dan agen pembangunan," kata Serka Agus M.


Menurutnya, kegiatan bela negara bagi pelajar ini diperlukan untuk pembinaan karakter, penguatan revolusi mental dan mempersiapkan dalam menghadapi ancaman, seperti penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, bencana alam, konflik antar pelajar dan penyebaran penyakit menular.


"Kegiatan bela negara bagi pelajar ini menjadi pionir implementasi bela negara pada level lembaga pendidikan menengah atas, pelatihan bela negara bagi pelajar diselenggarakan karena semakin besar tantangan yang dihadapi bangsa dan semakin kompleks ancaman sebagai akibat dari perkembangan global,"ujarnya.


Lebih lanjut anggota  murah senyum ini menegaskan, arus globalisasi dan modernisasi memberikan pengaruh yang besar terhadap identitas bangsa, bahkan dapat mengancam budaya bangsa sehingga pelajar sebagai kader terdidik harus mengambil peran aktif melalui pelajar bela negara, apabila generasi muda mempunyai rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air yang kuat untuk melindungi dan membela negara dengan wawasan intelektual yang dimiliki.

 "Pelajar sebagai kader muda, berkewajiban melindungi dan membela negara sesuai dengan amanah UUD 1945," jelasnya.



Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TNI Dringu Probolinggo Gelar Kegiatan Bela Negara Untuk Pelajar

Trending Now