Bawaslu Gorontalo Deklarasi Kampanye Damai Pilkada bersama Empat Paslon

Selasa, 24 September 2024 | 10:39 WIB Last Updated 2024-09-25T03:41:54Z

 


GORONTALO, JBN Indonesia - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo mendeklarasikan kampanye damai bersama empat pasangan calon untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024. Deklarasi yang berlangsung di Ballroom Sumber Ria Kota Gorontalo, Selasa, (24/9/2024) itu, dihadiri Pj Gubernur Rudy Salahuddin, jajaran Forkopimda, serta unsur partai politik pengusung bakal calon gubernur/wakil gubernur.


Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari deklarasi ini sebagai upaya dari Bawaslu untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada saat kampanye nanti yang dilakukan oleh Paslon, Parpol ataupun yang dilakukan oleh Tim Sukses. Sejak ditetapkan dan pencabutan nomor urut yang dilakukan kemarin, maka Bawaslu Provinsi Gorontalo sudah melakukan pengawasan secara melekat.


“Dimulainya deklarasi ini maka kampanye juga akan segera dimulai. Jadi Bawaslu harus memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada ini berjalan secara jujur, adil, dan merata. Sehingganya keadilan pelaksanaan kampanye akan benar-benar terawasi. Ada beberapa hal yang dilarang, salah satunya kami ingatkan kepada Paslon untuk tidak menghadirkan anak kecil saat kampanye nanti,” kata Idris.


Selanjutnya, pihaknya meminta kepada seluruh Paslon mulai saat ini, untuk dapat menertibkan alat peraga sosialisasi yang sudah terpampang atau sudah dipasang beberapa hari yang lalu. Hal itu untuk mencegah terjadinya kampanye diluar jadwal yang telah ditetapkan oleh Bawaslu dan KPU.


Adapaun isi dari naskah deklarasi yang dibacakan oleh anggota Bawaslu tersebut yaitu mewujudkan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas tanpa hoax, tanpa politisisasi SARA dan tanpa politik uang. Terakhir, melaksanakan kampanye Pilkada berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Diketahui pemilihan gubernur/wakil gubernur di Provinsi Gorontalo diikuti oleh empat pasangan calon yaitu nomor urut 1 Tonny Uloli - Marten Taha, nomor urut 2 Nelson Pomalingo - Moh. Kris Wartabone, nomor urut 3 Hamzah Isa - Abdurrahman Abubakar Bahmid dan nomor urut 4 yaitu Gusnar Ismail - Idah Syahidah Rusli Habibie.


(Tiansi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawaslu Gorontalo Deklarasi Kampanye Damai Pilkada bersama Empat Paslon

Trending Now