Bawaslu Provinsi Gorontalo Soroti Selisih Tabrak Data Pemilih

Minggu, 22 September 2024 | 18:42 WIB Last Updated 2024-09-23T03:45:14Z

 



GORONTALO, JBN Indonesia -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo menyoroti selisih tabrak data saat pleno penetapan DPT di KPU Provinsi Gorontalo, Minggu (22/9/2024).


Pada rapat pleno terbuka ini Idris Usuli meminta penjelasan terkait tabrak data pemilih yang telah dilakukan oleh KPU apakah mengurangi atau menambah jumlah pemilih di setiap Kabupaten/Kota.


"Karena berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Boalemo terdapat selisih tambah 72 pemilih yang awalnya dari rekapitulasi tingkat kecamatan hanya 108.223, pada rekapitulasi tingkat kabupaten 108.295. Hal ini terjadi setelah tabrak data dilakukan KPU,” ungkap Idris.


Idris Usuli juga menyampaikan bahwa perbedaan terkait tabrak data perlu ditampilkan sehingga dapat dilihat perbedaan di berbagai tingkatan yang akan menjadi acuan penting dalam menentukan jumlah dari surat suara yang akan dicetak. Hal ini diharapkan dapat menjadi catatan yang dapat diketahui bersama.


Fadjri Arsyad pada kesempatan ini juga menyampaikan terhadap hasil tabrak data ini perlu dipastikan juga apakah ini telah difaktualisasi karena angka perubahan baik bertambah atau berkurangnya jumlah pemilih ini dibutuhkan untuk memastikan pada saat proses cetak surat suara nanti.


Tabrak data adalah sinkronisasi analisa data kegandaan dan invalid data pemilih yang dilakukan internal KPU Kabupaten/Kota. Perbedaan data rekapitulasi di berbagai tingkatan menurut KPU Provinsi Gorontalo dikarenakan data yang dinamis saat dilakukan rekapitulasi di berbagai tingkatan dikarenakan faktor-faktor seperti ada pemilih pindah masuk, pindah keluar, pemilih meninggal, dan sebagainya.


(Tiansi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawaslu Provinsi Gorontalo Soroti Selisih Tabrak Data Pemilih

Trending Now