TNI Maron Bersama Sejumlah Pihak Gelar Deklarasi, Sukseskan Program Open Defecation Free

Redaksi
Kamis, 12 September 2024 | 13:21 WIB Last Updated 2024-09-12T06:21:07Z

Deklarasi Bebas Open Defecation Free Stop Buang Air Besar Sembarangan.(Yuliono/JBNIndonesia.com)

JBNIndonesia.com,PROBOLINGGO-
Untuk memastikan perubahan perilaku hidup sehat di wilayah teritorialnya, Koramil 0820/21 Maron bersama jajaran forum kordinasi pimpinan kecamatan menggelar deklarasi bebas open defecation free (ODF), stop buang air besar sembarangan di Pendopo Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.


Danramil 0820/21 Maron, Kapten Cba Dandung mengatakan bahwa kegiatan deklarasi bebas open defecation free (ODF), stop buang air besar sembarangan merupakan salah satu proses untuk memastikan status ODF suatu komunitas, yang berarti bahwa komunitas tersebut secara kolektif telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.


"Perilaku ini termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat karena dapat menyebarluaskan kontaminasi lingkungan, tanah, udara, dan air," kata Kapten Cba Dandung, Kamis (12/9).


Ia menambahkan, tujuan dari deklarasi ini adalah untuk memantau perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan, yang sebelumnya masih kental dengan buang air besar sembarangan sekaligus diharapkan dapat meningkatkan kualitas sanitasi. 


"Dengan adanya momentum deklarasi bebas open defecation free (ODF), stop buang air besar sembarangan kami mengajak warga untuk sadar akan pentingnya hidup bersih dan sehat dengan kemauan untuk membuat WC atau jamban sehat di setiap rumah,” ujarnya.


Danramil murah senyum ini mengungkapkan, deklarasi ini untuk memastikan bahwa masyarakat sudah tidak melakukan buang air besar sembarangan. Melalui deklarasi ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi petugas kesehatan lingkungan dan pemerintah desa untuk terus meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS).


“Dengan adanya deklrasi deklarasi bebas open defecation free (ODF), stop buang air besar sembarangan diharapkan dapat menjadi pengingat bagi petugas untuk terus meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat serta memastikan bahwa semua desa benar-benar telah bebas ODF,” tuturnya.


(Yuli/JBN)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TNI Maron Bersama Sejumlah Pihak Gelar Deklarasi, Sukseskan Program Open Defecation Free

Trending Now